budget traveling JOGJAKARTA - Day 1

kereta api ekonomi progo berangkat dari st. ps. senen jam 10 malam
(tiket bisa dipesan online di situs resmi kereta api / alfamart, dan ditukarkan minimal 2 jam sebelum keberangkatan)

Pagi pagi sekitar jam 6 kita sudah sampai di st. lempuyangan jogjakarta, sama seperti di jakarta, kereta eksekutif dan ekonomi yang berbeda stasiun keberangkatannya. di jogja semua kereta ekonomi berhenti di lempuyangan (bukan st. Tugu) beda kasta ceritanya :p
dari st. lempunyangan kita mau naik trans jogja ke malioboro
dan ternyata haltenya lumayannn jauh, di depan smp yang berada dekat bundaran stadion yang saya juga lupa namanya :p
(yang mau naik TJ juga, keluar lempuyangan belok kanan lurus sampai ketemu pertigaan rel kereta lalu belok kanan ikutin jalan sampai ketemu bundaran stadion lalu belok kanan lagi sampai ketemu halte TJnya)

sampai di malioboro nyari2 jalan sosrokusuman... jalan ini namanya pasti bakal kalian temukan kalau searching budget hostel / guesthouse di jogjakarta, selain sosrokusuman ada jalan sosrowijayan dan dagen yang juga pusatnya guesthouse murah dan masih disekitar malioboro
karena masih sekitar jam 7 malioboro masiih sepiiii

sosrowijayan terletak persis di samping mall malioboro, ada plang bertuliskan 'sosrowijayan' yang cukup besar, dengan mudah kita menemukan hotel gaotama, check in lebih awal tanpa kena charge
*btw pak rudy yang punya hotel gaotama ini baiiiik syekalii

hotel gaotama ini lumayan murah ratesnya kita pesan double room with private bathroom + fan harganya 90.000 karena kita bertiga kena charge jadi 130.000

setelah fresh lagii kita mulai jalan ke benteng vredeburg.
Benteng Vredeburg

tiket vredeburg 2000 rupiah lumayan murah ya... didalamnya ada museumnya juga,, tidak lama disini karena jam 11 siang sudah panass sekali dan akhirnya kita jalan lagi ke keraton jogjakarta
keraton jogjakarta terbagi menjadi 2 loket, loket pertama ada didepan alun-alun utara (tepas keprajuritan),  dan loket  kedua ada di jalan rotowijayan (tepas pariwisata). buat saya pribadi saya lebih suka keraton yang ada di jl. rotowijayan karena setiap saya kesana sedang ada karawitan di beberapa pendopo2nya. ada juga sindennya yang sedang nembang yang semuanya sudah sepuh-sepuh. selain itu juga banyak abdi dalem yang masih "tugas" pokoknya suasana hidup.. berbeda dengan keraton yang didepan altar.. seperti museum kebanyakan.. kita cuma bisa lihat bangunan-bangunannya, diorama, foto2 dan benda2 peninggalan bersejarahnya .. tapi buat kamu yang baru pertama kali ke jogjakarta wajib masuk kedua loket keraton ini.. karena selain jaraknya saling berdekatan tiket masuknya juga tidak mahal, sekitar 8000 sudah termasuk photo permit

keraton jogjakarta

setelah dari keraton kita lanjut ke taman sari, kalau di peta taman sari dekat sekali sama keraton jadi kita memutuskan untuk jalan di saat perut mulai lapar dan matahari sedang terik teriknya .. setelah ragu jalan mana yang harus ditempuh *duhh seriusss :P , akhirnya kita tanya ke seorang mbak2 .. dan mbak2 nunjuk gang yang berada persis didepannya, sempat bingung karena kok masuk gang yaaa... tapi kita nurut saja, mana mungkin di mbak itu mau bikin nyasar... masuk gang memang ada papan petunjuk untuk ke taman sari.. kita ikuti saja papannya naik-naik tangga, lewatin gang2 sempit.. lewat 1 rumah ke rumah lain... dan akhirnya di depan sudah mulai ada bangunan-bangunan putih yang sudah mulai terkelupas catnya. besaaar sekali, yang kita yakini itu adalah taman sari

dan yaaaaa taman sari tuh kereeen sekaliiii, kita dibawa masuk kesebuah pintu, lalu turun tangga masuk ke terowongan bawah tanah yang cukup panjang.. setelah diikuti jalannya kita keluar lagi di pemukiman penduduk.. dimana ini??? sempat bingung sih karena gak ada turis lain/penduduk sekitar .. tapi kita ikutin terus jalannya sampai akhirnya kita menemukan loket untuk masuk ketaman sari
dan pokonya judulnya takjub selama disini *ini kali pertama ke taman sari* jadi bener2 kagum sama tempat ini.. di dalamnya ada kolam2 yang dulunya digunakan buat tempat mandi keluarga kerajaan
kereeen !
kalau kamu ke jogja jangan lupa mampir ke taman sari!

keluar dari taman sari kita udah agak kepayahan.. karena juga ternyata kita belum makan :p.. setelah sholat dan istirahat sebentar di masjid depan taman sari kita naik becak ke museum kereta keraton yang letaknya di samping altar...

sampai museum kereta yaa lihat2 kereta, apalagi :P ..museumnya tidak besar, disini disimpan kereta kesultanan yang eksis dijaman dulu.. kereta-kereta disini masih sangat terawat dan tempatnya juga bersihh.
Museum Kereta Keraton
dan saya kaguum sekali memperhatikan satu kereta super besar dan panjang, berwana putih gading, yang jendela kacanya lebaarr dan panjang .. memang baguss dan cantik .. tapi pas diperhatikan pintu masuknya dari belakang dan tidak ada tempat duduknya.. setelah saya baca itu adalah kereta jenazah saudara saudara !! *melipir

dari museum kereta kita iseng mau masuk ke taman pintar ,hihi ,taman pintar ini cocok buat kamu yang travelling bareng anak kecil.. karena mereka pasti seneng banget masuk sini banyak alat peraga sains yang bisa dimainin, alat peraga gempa yang bisa dicoba, banyaak dehh mirip sama pp iptek tmii. atau kamu yang merasa kurang pintar :p

setelah itu jam menunjukkan pukul 3 sore dan kita belum makan sehariaannn . akhirnya tujuan selanjutnya adalah makan gudeg di sentra gudeg wijilan

jl. wijilan tuh dekeet banget dr altar ..dari pertigaan altar yang menghadap ke keraton, kita belok kiri, lalu ikutin jalan melengkung sampai ketemu belokan ke kiiri .. gak sampe semenit tengok kanan kamu sudah menemukan plengkung wijilan ..yang artinya kamu sudah berada di tempat makan gudeg yang enakkk
alhamdulillah kita masih kebagian tempat duduk di gudeg yu djum
gudegnya enak dan harganya lumayan murah.. untuk gudeg standar (gudeg+krecek+telor) harganya cuma 8.000/porsi ,buat saya rasa kreceknya yang paling ngangenin dibanding gudegnya sendiri :p
gudeg yu djum

dan setelah makan kita cari-cari masjid di daerah wijilan untuk sholat ashar..

kita istirahat di masjid luamayan lama sampai maghrib.. sekalian mengistirahatkan kaki yang dari pagi jalan terus

setelah sholat maghrib kita mau makan lagi !!!

hahaha tadi kan itungannya makan siang, blm makan malam, dan kita pun meluncur ke halte transjogja untuk ke raminten
well dari halte taman pintar ke halte kota baru (raminten) itu ternyata kita kayak dibawa keliling jogja.. soalnya kita melewati beberapa jalan yang sama sampai 2 kali :P perjalanan hampir 1 jam *padahal deket. tapi gapapalah ..anggap saja city tour seharga 3500..murah kan :)
sampai di raminten .. antrian sudah mengularrrr.. yang antri sudah sampai berdiri2.. duh mau makan jam berapa nih.. saya langsung daftar waiting list untuk 3 orang .. baru sekitar 5 menit kita nunggu nama saya dipanggil.. sempet gak percaya karena masih banyak orang yang antri duluan belum pada dipanggil.. setelah dipastikan benar nama saya ..kamipun diantar ke lantai.2 (mungkin karena yang lain reservasi untuk rombongan jadi agak lama)
Raminten

Menu-menu nyeleneh Raminten

well, saya sebelumnya sudah pernah ke raminten dan jatuh cinta sama konsep dan harga makanannya :)
karena saya haruss stick on budget saya gak boleh kalap pesan makanan walaupun harga makanannya yang 2000 pun ada permirsaaah
akhirnya saya pesan nasikucing dobel dengan sate dan segelas teh jahe hangat ,pokonya gak sampai 10.000 semuanya *happy
hihi teman saya mungkin happy banget lihat menu harganya minimalis, akhirnya dia pesan berbagai macam makanan .. pokoknya hebohh

oia di raminten ini nyaman banget susananya.. jawa banget!! dan konsep nyelenehnya itu bikin banyak orang yang penasaran mau kesini sampe antri antrii.. untuk rasa makanan sih tidak spesial buat saya..tapii gak papa lahh karena suasananya bikin betahh

pulang dari raminten sekitar jam 10 dan transjogjanya sudah gak beroperasi lagi dongg!!

kita jalan saja sampai ketemu jalan besar dan naik taxi ke penginapan yang ternyata gak sampai 15.000

sampai penginapan gak usah diceritain yaaa... kita tidurr kayak gak pernah tidur dari kecil..dan kita semua berharap saat itu juga ada parem kocok :')

RA

1. aku selalu suka loh setiap pergi ke Jogja, tahun lalu pas ke jogja aku sempet nginep di sosrowijayan wetan, and you know what, di malam kedua matii lampuuu dari jam 11an malem sampe besoknya pas kita check out *paraaahnyyaaa*

hahahaha kocak banget kalo inget itu

1. hihi iyakk kayaknyaa sosrokusuman, sosrowijayan dan dagen emang seru buat nginep, karena deket banget sama malioboro, mau kemana-mana, mau cari makan gampang

wahahaha kalo mati lampu gitu pasti yang kepikiran adalah gadget2 yang lowbat dan belum di charge ya tehh :D

Meet The Author

enno.andri karena sebelum lupa, memori yang menyenangkan saya tulis di blog ini, banyak foto, cerita yang panjang. selamat membaca :)