makanan halal di bangkok


Mencari makanan halal di bangkok itu susah-susah gampang..
biasanya jika sudah menemukan masjid. disitulah dengan mudah dapat menemukan makanan halal
memang sebagian besar jajanan di bangkok mengandung unsur yang tidak halal
tetapi jika kamu tahu tempatnya, cukup banyak kios makanan halal di bangkok, apalagi di backpacker area seperti khaosan road atau soi rambutri, ternyata banyaaak yang jual makanan halal.
saya coba bahas satu persatu yaa tempat-tempat saya makan dan sholat selama di bangkok, yang pastinya halal :)


1. Trok Surau
ini penampakan trok surau dilihat dari peta
orang thailand lebih kenal dengan istilah surau atau hong lamard dibanding masjid/mosque.. kalau kamu mencari tempat untuk sholat tanya saja "where is hong lamard?" agak campur gapapa lah ya .
trok surau dilihat dari peta
karena trok surau adalah gang yang sangat kecil, jadi sebagai patokan gedung dengan papan nama orange di atas adalah persis di depan trok surau


ada plangnya sih. tapi...
trok surau biasanya ramai di pagi hari, saya sempat mencoba snacknya mirip seperti samosa, dan lumayan kaget sih begitu tau isinya adalah ubi dan semacamnya. dan thai ice tea disini enakkk sekali, rasanya khas yaa *kalau ke thailand lagi oleh-oleh pertama yang saya cari adalah tehnya :).
seriuosly delicious !! - thai ice tea at trok surau

untuk makanan berat saya gak sempat mencobanya, karena lewat trok surau ini kalau pagi saja, dan saya tidak tidak biasa makan berat kalau pagi, jadi tidak sempat menyicipi. oh ya, sesuai namanya, trok surau yang berarti gang masjid, diujung gang ini ada sebuah masjid yang besar.

2. phra sumen road
kalau trok surau biasanya ramai di pagi hari, pedagang makanan halal di phra sumen road ini mulai menjual makanannya dari sore hari sampai malam. lokasinya dekat dengan benteng phra sumen, setau saya ada 2 jenis makanan halal yang ditawarkan yang pertama adalah banana pancake, dan satu lagi menjual makanan berat, seperti nasi dengan lauk pauknya, kedua penjual ini mudah dikenali karena keduanya menggunakan jilbab.
Phra Sumen Road dilihat dari Peta
phra suen road dilihat dari google street view
3. khaosan road area
di ujung jalan khaosan road kamu bisa menemukan penjual kebab berlabel halal, penjualnya seorang gadis berjilbab,
atau ada juga di sekitar masjid Ban Tuek Din yang berada di sebuang gang kecil. sebenarnya saya tidak sempat makan disini, karena sudah makan terlebih dahulu, saya hanya mau mengunjungi masjidnya saja untuk sholat, tetapi saya lihat ada beberapa warung di depannya dengan sign halal
gang masjid ban tuek din, dilihat dari peta
4. Tha Chan Pier
di tha chan pier adalah dermaga chao phraya express boat yang ada di depan grand palace, ada salah satu kios yang menjual roti martaba dan banana pancake yang ada label halalnya
saya tidak sempat foto kiosnya, hanya makanannya saja :)
roti martaba
5. siriraj hospital area
mencapai sisiraj hospital dengan naik chao phraya express boat kita harus berhenti di wang lang pier/ siriraj hospital .. begitu keluar dari dermaga kita sudah di sambut berbagai macam kios makanan, jalan lurus sampai ketemu jalan raya menuju rumah sakit. dan disitu kamu akan menemukan kios banana pancake yang di kelola oleh sebuah keluarga.
kios banana pancake di wang lang pier/ siriraj... bukan hanya banana pancakenya yang enak tap penjualnya yang ramah

yang menarik disini adalah, mereka sangat hangattt kepada saya, saya minta izin untuk duduk di kios sambil menunggu teman couchsurfing saya yang masih kerja di siriraj. di dalam kiosnya mereka tanya asal saya darimana, nama saya siapa, yang cukup mengejutkan begitu saya bilang saya dari indonesia, salah satu dari mereka langsung ajak saya berbicara dengan bahasa melayu, mereka berasal dari pattani, mereka sebanyak 5 orang, bapak dan ibu separuh baya, 2 orang laki-laki dan 1 orang perempuan sekitar 20 tahunan..
sang bapak yang lumayan lancar bahasa melayunya, mereka bilang banyak orang malaysia-indonesia yang suka makan disana, saya banyak ngobrol dengan mereka, karena menunggu teman saya lumayan lama .. sampai ketika yuree datang, obrolan langsung pindah ke yuree dengan bahasa thai. tapi yuree sempat menyampaikan 'they said if comeback to bangkok you can eat here anytime' *tersentuh .. dan karena sudah tiba waktu ashar, saya sempat tanya dimana saya bisa sholat.. akhirnya saya antar untuk sholat di salah satu toko buku yang sudah tidak terpakai disana. mereka bilang mereka setiap sholat disana.. 
kadang-kadang hal-hal simpel seperti ini yang membuat saya terharu sekaligus senang, merasa diterima :) .. jadi buat kamu yang mau ke siriraj medical museum jangan lupa mampir ke banana pancake ini yaa. 
banana pancake yang sederhana, tapi banyak cerita :)
kios makanan halal kedua ada di sepanjang pagar siriraj hospital
kalau disini tempatnya untuk makan berat, disediakan nasi dengan berbagai macam lauknya.. mirip seperti warteg yang ada di indonesia 

thai green curry dan oseng tauge. thai green curry merupakan salah satu makanan otentik thai, salah satu recomemded food di bangkok

tulisan arab masih bisa baca, tulisan thai?? *hening*


6. victory monument
tepat di bawah jembatan penyebrangan yang berhadapan dengan suatu rumah sakit disana, ada 1 kios makanan halal, mudahnya diketahui penjualnya menggunkan jilbab dan pasang tanda "halal" di depan makanannya. dan harganya murah !!! cukup dengan 20 baht saja atau sekitar 7 ribu rupiah, saya dapat seporsi nasi kuning, daging ayam goreng dengan 1 bungkus saus yang rasanya asam manis. dan ini sangatt enak :).

7. Mahanak mousque - Bobae Market
tepatnya berada persis di depan gerbang bobae market, dari kawasan khaosan kamu bisa jalan kaki ke panfa leelard. dari situ kita bisa naik sansaeb boat dan turun di bobae.
di depan masjid mahanak banyak sekali penjual makanan halal dan didaerah situ merupakan kawasan dilarang merokok, dan ini juga yang pertama saya lihat, banyak pedagang jilbab dan baju muslim di daerah ini. untuk harga tidak begitu mahal seporsi nasi dengan kerang + cah daging dihargai 50 baht..
oh ya.. saya sempat melihat adegan abang-abang tukang lotere yang dimarahi abis-abisan sama ibu-ibu penjual makanan disini, karena mewarkan loterenya.. hahaha, walaupun gak tahu bahasanya tapi cukuplah membuat saya mengerti maksudnya.
udah dimakan baru inget untuk di foto :p



8. Asiatique
kalau berkunjung ke asiatique tidak perlu repot untuk cari makanan halal atau tempat sholat, karena persis di depan asiatique berdiri sebuah masjid yang lumayan besar yang digunakan juga sebagai madrasah. kebetulan tepat di samping masjid  tersebut ada lahan yang cukup luas, nah disitu banyak pedagang makan halal, mulai dari ba mie dengan aneka kuah seperti kuah tomyam- kuah pink, ada somtum, dll

sign label halal dipasang besar-besar
ba mie dengan kuah pink dan somtum
ba mie dengan kuah pink ini sendiri saya lupa namanya apa, yang pasti rasanya asin-asam pedas, isi dari ba mie nya tersebut ada baso, potongan gurita, sayuran, daging. sedangkan somtum sendiri adalah papaya salad, serutan pepaya dengan taburan kacang dan kuah asam pedas yang kuat serta 1 potong kol mentah.

9. mahboongkrong
mahboongkrong atau biasa disingkat MBK, adalah salah satu pusat belanja di bangkok, ada salah satu restaurant halal disini dan juga di food courtnya. nama stall makanan halal di food courtnyapun indonesia sekali 


10. rumah makan muslim disekitar soi 7 petchaburi
beberapa kali melewati rumah makan ini, tapi gak sempat foto atau makan disana :p. tapi buat kamu yang sedang berbelanja di kawasan pratunam, platinum . rumah makan ini bisa jadi referensi rm. halal
penampakan rm. fareeda fortunee dari google street view


ada tambahan dimana lagi makanan halalnya??

13 comments:

  1. wih, jadi susah-susah gampang ya nyari makanan halal disana gak bisa bebas beli semua jajanan yang ada disana :D

    Enno ayo ngetrip bareng lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa begitulah koi.. makanya banyak makanan yg belum sempat nyobaa ☺☺

      iyaa nihh mau ngterip lagii, menunggu musim hujan lewat..☺

      Delete
  2. yg no 5, aku prnh makan di sana... martabaknya lumayan lah ;)

    Ama yg no 10, kmrn dec krn nginepnya di apartm deket daerah itu, jd kita puaaaas makann macem2... sepanjang jlnnya halal ^o^. enak2 pula... ;)

    ReplyDelete
  3. Hehe yang nomer 5 itu keluarganya baiiik banget ☺
    kalo fareeda fortunee itu pas lewat sana pas gak laperrr jadi gak nyobain enaknya gimana 😊😊

    ReplyDelete
  4. Wah postingannya berguna banget. Nanti akan saya rekomendasikan ke pembaca yang lain. Fotonya juga bagus-bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasihh om vickyy sudah mampirr :))
      maturnuwun kalo di rekomendasiin :D

      Delete
  5. mau travelling ke thailand utk pertama kali februari ini ajak anak kecil pula ma orang tua,jd rada takut juga utk soal mknan yang halal,mksh ya buat infonya bs jd buat panduan bila udh dtng ke thailand#semangat liburan#

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbaakk..selamaat liburaan yaaa.. Iya alhamdulillah di spot2 wisata masih ada satu dua penjual makanan halal lahh...jd gak sampe kelaperaan :D
      Aaaaa jadii pengen ke bangkok lagiii

      Delete
  6. mau travelling ke thailand utk pertama kali februari ini ajak anak kecil pula ma orang tua,jd rada takut juga utk soal mknan yang halal,mksh ya buat infonya bs jd buat panduan bila udh dtng ke thailand#semangat liburan#

    ReplyDelete
  7. nyari makanan halal di bangkok gak terlalu susah juga kok , nyarinya di deket-deket mesjid , asyik banget kayanya kalau liburan ke thailand ..

    ReplyDelete
  8. Halo kak harga makanan halal yang diasiatique berapaan ya kira2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa tepatnya harganya berapa...yg pastii muraaahh..mirip2 harga makanan kaki lima disini :)

      Delete
  9. Makanan halal merupakan hal penting bagi orang Islam, karena itu gak heran apabila pesawat2 juga mulai menyediakan Makanan halal di pesawat .

    ReplyDelete

 

Google+ Badge

There was an error in this gadget

Meet The Author

enno.andri karena sebelum lupa, memori yang menyenangkan saya tulis di blog ini, banyak foto, cerita yang panjang. selamat membaca :)

MY CRAFT BLOG