hopping islands Kelor, Onrust, Cipir


kalau mau liburan hemat salah satu pilihannya adalah berlibur di dalam kota
mau yang agak jauhan, juga bisa jalan-jalan ke bekasi :p

okay jalan-jalan singkat dalam kota kali ini adalah ke pulau cipir, kelor dan onrust

berangkat dari dermaga muara kamal.. seingat saya ini pertama kali saya naik perahu di tengah2 laut.. karena dulu parnoo banget sama laut, diajak naik perahu takuttt..takut tenggelam kakakk :')

muara kamal, pertama kali kesini, untuk yang mau naik kendaraan umum, bisa naik busway sampai halte rawa buaya, lalu disana banyak mobil elf yang biasa disewa untuk ke muara kamal, harganya 8000-10.000
tetapi karena kumpul harus jam 8 pagi, naik taxi dari st. jakarta kota sepertinya pilihan terbaik biar gak telat.



sampai di muara kamal, yaa ini tempat pelelangan ikan, jalannya becek tergenang air, bau ikan semerbak..


masih pagi. tapi ditengah laut tuh panasss sekali rasanya. mata sampai menyipit saking silaunyaa. perjalanan pertama ke pulau kelor dimana ada benteng martello, benteng peninggalan VOC yang dulunya sebagai benteng depan pertahanan batavia




pulau kelor dulunya sangat luas dan merupakan salah satu pulau yang dijadikan tempat tinggal, dan sekitar tahun 1930an pulau kelor mulai abrasi yang menyebabkan luas daratan semakin sempit dan akhirnya penduduk meninggalkan pulau kelor dan pindah ke untung jawa. dan sekarang kalau kita lihat banyak tiang pancang yang ditanam di sekitar kelor sebagai pemecah ombak, untuk memperlambat abrasi.
saking kecilnya pulau kelor ini, kita bisa berjalan-jalan berkeliling pulau ini tidak sampai 15 menit.








setelah mengunjungi pulau kelor, saya naik perahu lagi sekitar 10 menit untuk menuju pulau onrust, sebenarnya pulau-pulau ini (kelor, cipir, onrust, bidadari) lokasinya sangat berdekatan.

dipulau onrust ini 'aura' nya beda sekali dengan pulau kelor. onrust lebih luas, lebih rindang, karena banyak pohon-pohon besar, juga ada museum, mushola dll
di pulau ini saya dan yang lainnya ditemani oleh seorang pemandu untuk mengitari pulau ini.. tapi sayang saya gak sempat mengambil banyak foto disini,, karena sudah lapaar , kalau lapar suka gak konsen, hahahaha
sisa reruntuhan asrama haji - pulau onrust

onrust diambil dari kata unrest yang artinya tidak beristirahat, karena dahulunya pulau ini merupakan pulau yang sangat sibuk, karena merupakan pusat perbaikan kapal voc

setelah voc pergi . pulau ini sempat dijadikan asrama haji oleh pemerintah indonesia. kenapa asrama haji di tengah laut?? karena dulunya kalau mau naik haji pilihannya ya naik kapal laut, bukan pesawat seperti sekarang.. kebayang ya berapa lama naik kapal dari indonesia ke arab saudi :')

tapi bangunan asrama haji disini sudah tidak tampak lagi, sedikit reruntuhannya masih ada..
selain reruntuhan asrama haji disini juga ada kompleks makam peninggalan belanda dan juga pribumi

apa cerita yang paling terkenal tentang makam belanda disini??

tentunya maam maria van de velde, seorang belanda yang meninggal  di usia 25 tahun karena menunggu kekasihnya datang dari belanda.
dimakamnya ada sebuah puisi untuk maria yang ditulis dalam bahasa belanda.. isinya?? lupaaa! :p

kalau gosip-gosipnya sang pemandu, maria masih suka main-main di onrust pakai baju belanda gitu. kalau beruntung maria suka menampakkan dirinya ke kamu. tapi ingat ya itu cuma gosip.. jangan percaya gosip !!! :p


fokus utama di pulau onrust buat saya adalah menanti makan siang sambil minum es kelapa hehehe
asli deh kalo laper bisa bete :p

setelah makan dan sholat , saya kembali naik perahu dan menuju destinasi terakhir.. pulau cipir


pulau cipir.. dulunya merupakan rumah sakit karantina haji. sisa-sisa bangunan rumah sakitnya masih cukup jelas disini.
di pilau ini pun cukup rindang, banyak pohon-pohonnya, ada juga beberapa bangunan semi permanen seperti warung makan. tapi disini auranya gak pake mistis sama sekali *menurut saya
disni juga banyak banget pemancing-oemancing yang lagi istirahat, bahkan beberapa ada yang mendirikan tenda

dari ketiga pulau, pulau inilah yang paling asik buat duduk-duduk menikmati pantai, laut, ombak, atau foto-foto :p





pulangnya saya ngantuk berattt. pulang ke muara kamal sekitar 1 jam, kalau kursi perahunya bisa nyender sudah pules pasti saya ..

8 comments:

  1. Hai Eno salam kenal ya, makasih sudah mampir & berkomentar di blog saya.
    Perjalanan yang menarik tidak perlu jauh-jauh. Jalan-jalan hematpun bisa pikiran kembali segar dan dihari berikutnya bisa beraktifitas dengan semangat baru. Saya paling takut naik perahu, takut tenggelam :D . Kalau kapal sih masih berani ya krn kan besar sekali ga terasa goyangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak nella.. wah makasih banyak mbak sudah mampir disini ☺☺

      hahaha iyakkk itu naik perahu sambil megangin lifevest mbak ,tapi untung gak terlalu lama, karena ternyata naik perahu kecil gitu lumayan mumet juga 😂

      Delete
  2. aku 8 tahun di Jakarta malah belum pernah kesini mba. Kalo ngerencanain bareng temen mau weekend-an ke pulau seribu sih sering... Terserah deh pulau yang mana, yang pentung masih salah satu gugusannya ;p. Tapi gagal mulu -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe emang yaa kadang direncanain berkali2 ujung2nya suka gak jadiii
      Kadang suka ngerencanain sendiri, mau ikut sukurrr gak mau ikut jalan sendirii 😅😅
      cobain mbak,, ke 3 pulau ini gak sampe 100.000 kok... malah mahalan ongkos taxinyaa 😂😂😂😂

      Delete
  3. benteng peninggalan voc di pulau kelor nya keren ya buat poto2... :)

    hahaha jangan nyindir2 bekasi lho... ntar ada yang ngamuk... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaa keren om.. Tp kmrn lagi penuhh banget orang...

      Hahahaha gpp sesama warga bekasi dilarang saling ngamuk :-P

      Delete
  4. Travelling adalah hobi yang butuh biaya besar tapi sebanding dengan kenikmatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jalan2 didalam kota bisa murah kok om ☺
      Hehehehe jalan2 itu emang nyanduu ya 😁😁

      Delete

 

Google+ Badge

There was an error in this gadget

Meet The Author

enno.andri karena sebelum lupa, memori yang menyenangkan saya tulis di blog ini, banyak foto, cerita yang panjang. selamat membaca :)

MY CRAFT BLOG