Trip to Bangkok - Day 6 {Maeklong}

selfoot di pasar maeklong


sudah pernah dengar maeklong??
pasar yang berada di atas rel kereta yang masih aktif. aktifnya kereta gak kayak commuter line di jabodetabek ya, kereta akan datang dari ban laem 3 kali dalam sehari, jadi kereta yang akan lewat pasar maeklong ini sehari hanya sebanyak 6 kali..itu juga sepertinya sang masinis sambil ngerem-ngerem terus. karena memang diperlambat jalannya.

dan karena kemarin saya gagal ke maeklong karena adegan tersesat ke mochit.. hari ini yang harusnya pergi ke ayyuthaya berbelok ke maeklong. dan yang awalnya akan naik kereta berubah menjadi naik minivan. yang jauh lebih praktis dan singkat

sewaktu saya cerita ke yuree kalau berencana ke maeklong dengan kereta, yuree sangat tidak menyarankan, apalagi di weekdays, karena akan berbarengan dengan para pekerja yang datang dari luar bangkok, dan keretanya hanya ada kelas ekonomi yang kurang nyaman.
tapi karena dulu pernah merasakan kereta ekonomi jakarta yang sangat super itu, saya pikir tidak akan jauh berbeda.
tetapi karena jadwal keretanya hanya beberapa kali dalam sehari, saya cari aman saja. naik minivan dari depan BTS victory monument.

oh yaa.. di victory monument tuh banyak sekali agen-agen minivan untuk perjalanan ke luar kota seperti ke amphawa, dll.

tiket minivan bangkok - maeklong 70 baht

untuk ke pangakalan minivan ini, naik bus ke victory monument, lalu jalan ke arah BTS Victory monument, tepat di bawah BTS tersebut ada plang besar dengan warna merah, dan kalau kamu lihat banyak minivan putih terparkir. itulah tempatnya..

seperti omprengan cawang-bogor, yang nunggu penuh dulu baru berangkat.
perjalan ke maeklong sekitar 2 jam lewat jalan tol. saya pastinya kalau naik angkutan lebih dari 30 menit pasti tidur :p . begitu buka mata pemandangan di luar jauh lebih sepi, sepanjang jalan yang tadinya sesak dengan gedung-gedung, berubah menjadi pohon-pohon, lapangan dan sesekali ada bangunan-bangunan

di depan sebuah pasar, sopir akan berhenti dan mempersilahkan untuk turun bagi yang mau ke stasiun maeklong. saya sempat pastikan dulu kalau itu akan ke st. maeklong.

oh ya. untuk kestasiunnya dari pertigaan bangkok bank/ pasar maeklong lurus terus, mengikuti arah pasar, lalu setelah bertemu perempatan tinggal belok kanan. dan kamu akan bertemu rel yang dipastikan mengarah ke st. maeklong.

sampai di maeklong ngapain saudara-saudara??


Loket St. Maeklong yang berwarna-warni
Kereta Hanya Datang 3 kali sehari.. jadi perhatikan jadwalnya betul-betul kalau mau ke Maeklong dengan Kereta api
St. Maeklong lebih terlihat seperti tempat wisata dibanding sebuah stasiun

Setelah cek jadwal kedatangan kereta yang ternyata masih sekitar 3 jam lagi.. yapp 3 jam lagi.. saya memutuskan untuk jalan-jalan di sekitar pasar maeklong

setelah berkeliling pasar ini, saya menemukan beberapa buah atau sayuran yang besarnya gak wajar seperti di indonesia, dan mayoritas komoditi yang dijual disini adalah hasil laut, seperti ikan, kerang, cumi, dll,
disini saya sempat membeli 1 plastik cabai hijau muda yang superr besar dan warnanya cantikk (gak penting ya alesannya) dan 1 plastik buah longan yang ternyata rasanya aseuuum :p


3 jam menunggu kereta lewat terdengar sangat kurang kerjaan. iya ?? hehehe.. selama menunggu itu, saya duduk di minicafe dipinggir rel sambil menikmati air kelapa muda dingin yang maniss endess :)

lama-lama menunggu itumembuat lapar!! tapi daritadi saya gak berhasil menemukan stall dengan tulisan halal. searching2 tempat sholat, mushola atau halalfood sekitar pasar ini pun nihil. gak heran daritadi saya tidak melihat orang berjilbab lewat (ini indikasi ada yang beragama islam, siapa tau ada halal food/tempat sholat). beruntung saya tadi pagi sempat beli semacam samosa yang ternyata isinya adalah ubi manis di trok surau. lumayan mengganjal perut :)


oh ya fyi kalau mau kembali ke bangkok dengan menggunakan kereta dari maeklong ini, kita harus transit di stasiun ban laem.
sampai di ban laem kita harus menyebrang sungai untuk transit ke stasiun mahachai dan melanjutkan perjalanan menuju bangkok
jadi rutenya maeklong- ban laem - mahachai - wongwian yai
dan kalau saya hitung2 saya baru akan sampai bangkok sekitar pukul 5 sore
ahhhh keburu laparrrr



akhirnya saya memustuskan untuk naik minivan lagi.. dimana tempat untuk beli tiket minivan ke bangkok??
di depan loket st. maeklong ada 1 peta yang memberi tahu tempat2 penting disekitar st. maeklong tersebut. salah satunya ada pangkalan minivan tersebut. but too bad theyre in dancing worm thai font :|



di foto diatas ada lambang mobil dengan angka 1. nah disitu adalah pangkalan minivan untuk ke bangkok. cukup dekat dari pasar maeklong, hanya berjalan kaki sekitar 5 menit

apasih istimewanya kereta lewat di maeklong??

kereta akan jalan pelaaan sewaktu melewati pasar.. para penjual sudah bersiap melipat atap-atap terpalnya, dan para turis sudah bersiap dengan kamera mereka masing-masing, kalau mata kita tertuju pada kereta sampai kereta melewati kita, ketika menoleh ke arah kereta lewat tadi semua sudah berubah.. jalan yang tadi dilewati kereta berubah sekejap menjadi pasar lagi.. sangat cepat perubahannya..itu!! 
gitu aja? iyaa begitu aja :)
menyesal kesana?? ahh tentu tidak.. semuanya worth to try kok :)

nah selain itu salah satu kelebihan lainnya adalah promo pariwisata di thailand..
pasar pinggiran rel. yang tentunya banyaaaak juga di jakarta yang seperti itu. mereka bisa jadikan itu sebagai tempat wisata yang ngehitss :)
promo yang oke membuat orang penasaran dan ingin melihat.

beberapa menit sebelum kereta akan melewati pasar akan ada alarm peringatan yang cukup keras seantero pasar.. bahkan saya yang ada di ujung pasar pun bisa mendengarnya..

setelah melihat si kereta fenomenal itu melintas.. karena sudah puas sebelumnya berkeliling pasar maeklong, saya langsung ke pangkalan minivan menuju bangkok (fyi kalau kamu disana pada saat weekend bisa sekalian ke amphawa floating market)


sekitar  2 jam kemudian saya sudah sampai bangkok..tempat pemberhentian terakhir minivan adalah di victory monument. dan di vic. monument ini adalah surganya makanan murah, disini juga ada makanan halalnya. saya membeli 1 buah nasi kuning dengan ayam panggang plus saus asam manis yang super enak dengan harga 20 baht saja. oh ya pedagang nasi kuning ini mengenakan jilbab, dan saya teringat saya belum sholat dzuhur.. ketika saya tanya dimana hong lamard / surau.. dia cuma geleng-geleng sambil bilang tidak ada surau sekitar sini.. duhh mau sholat susah sekali yaa disiniii :D

akhirnya saya MBK (mah boong krong), sebuah mall yang terkenal dengan harga-harganya yang murah. untuk ke MBK bisa dengan naik BTS atau naik bus

di MBK ini saya membeli beberapa oleh-oleh.. seperti bumbu thai curry, thai green tea, nestea thai tea (yang ini recomended banget. teh nya enaaakkk sekali) dan beberapa oleh2 printilan lainnya. nama tokonya saya lupaa.. ada di lantai 2 di depan sebuah departement store.

sepulang ari MBK saya duduk-duduk manis di santichai prakan park.. melihat warga-warga bangkok yang sedang menikmati sore, ada yang main badminton, senam, jogging, ngobrol sambil duduk di rumput.. atau yang paling menarik adalah melihat sekelompok siswa2 yang masih berseragam yg bertingkah kemayu, joget sana sini, teriak-teriak sambil lari2.. lucuuuu :) 

Pengeluaran Day 6

snack  20 baht
thai tea 20 baht
bus 109 to vic monument 13 baht
van to maeklong 70 baht
es kelapa 30 baht
belanja di maeklong 30 baht
air at sevel 6 baht
van back to vic. monument 70 baht
nasi ayam at vic. monument 20 baht
bts to MBK 28 baht
beli oleh-oleh at MBK 360 baht
bus 47 to wat pho FREE
boat to phra athit 15 baht
minum at sevel 23 baht

4 comments:

  1. Bangkoooooookk, duh kangen jajan di pasar deket grand palace, mureh mureh :D

    ReplyDelete
  2. Tha chan kah???
    Hehehe iyaa makanannya harganya gak beda jauh sama kaki lima di jakarta
    makasih sudah mampir

    ReplyDelete
  3. wait, ini kamu sendirian ke Maeklongnya? aakkk mau diajakinnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kan emang solo trip nih tehh.. jadi makan, makan sendiri, ngetrip ngetrip sendirii #aladangdut :))

      Delete

 

Google+ Badge

There was an error in this gadget

Meet The Author

enno.andri karena sebelum lupa, memori yang menyenangkan saya tulis di blog ini, banyak foto, cerita yang panjang. selamat membaca :)

MY CRAFT BLOG