Rongkop - Gunung Kidul

Rongkop termasuk kedalam wilayah jogjakarta, walaupun kalau lihat dipeta adanya diperbatasan sekaliii.. perbatasan dengan jawa tengah

sepanjang jalan, bukit batu , pohon jati dan ladang di kanan-kiri

Rongkop ada di kawasan gunung kidul, jogjakarta, kalau kamu sering dengar berita daerah gunung kidul yang kekeringan, butuh air bersih.. nah rongkop merupakan salah satu daerahnya..
setidaknya dari cerita orang tua, pakde budhe, daerah ini memang susah air, bahkan danau sumber air kalau sedang kemarau bisa jadi lapangan untuk bermain bola.
di rumah salah satu kakek saya, dia punya penampungan air yang ukurannya besaaaar sekali (*lain kali saya foto kalau kesana) kira-kira 3x3 meter dengan tinggi lebih dari 2 meter, dan terbuat dari semen, jadi penampungan airnya pun hampir sebesar 1 kamar tidur.. benar-benar besar, dan hampir tetangga kanan kirinya punya penampungan air yang serupa, walaupun dengan ukuran yang berbeda-beda.

kalau sedang duduk diteras rumah kakek (well, adek bungsunya nenek saya sih :p), pemandangan sekitarnya adalah bukit batu, batu kapur putih lebih tepatnya, beberapa bukit batu disini telah di tambang habis-habisan. jadi banyak bukit yang sudah 'menghilang' bukit batunya sendiri tidak terlalu besar, dan terlihat gersang karena sukar ditumbuhi banyak tumbuhan,, ya namanya juga batu :p

untuk transportasi didaerah ini saya sempat melihat beberapa bus yang melintas disini, yang sering saya lihat tujuan solo, tapi bus -bus seperti ini lewatnya kalau lagi insyaf aja, aliass lamaaaa.. mungkin satu jam sekali baru lewat. coba saja kamu lihat foto diatas, jalanannya lengang sekali kan, bahkan saat lebaran :)

karena mayoritas penduduk disini pakai motor atau mobil untuk keperluan mobile sehari-hari..

kira-kira kalau kamu tinggal disini gimana?? 
kalau saya?? cukuplah sowan kerumah simbah sewaktu lebaran atau pulang kampung saja :DD

2 comments:

  1. Ini kayaknya yang jalur mau ke pantai-pantai itu bukan ya? Kayak familiar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mbak mas.. deket sama pantai, deket juga sama jalur perbatasan jogja jateng :DD
      ahh suka menjelajah sampe situ juga rupanya :))

      Delete

 

Google+ Badge

There was an error in this gadget

Meet The Author

enno.andri karena sebelum lupa, memori yang menyenangkan saya tulis di blog ini, banyak foto, cerita yang panjang. selamat membaca :)

MY CRAFT BLOG